Jan 25, 2011

Loader Automation System mineGEM

Satu lagi system yang terkait dengan GIS dan mining yaitu system automation Loader. Ide awal automation alat ini adalah untuk menghindari operator terpapar terhadap bahaya-bahaya di underground. System tersebut bernama Minegem, .
Minegem adalah sistem automasi loader tambang bawah tanah yang dibuat oleh Caterpillar. Hampir sama dengan 'remote LHD', di mana loader bisa dikendalikan dari jarak jauh, tetapi Minegem lebih canggih karena dapat diprogram menggunakan komputer.
Operator Station
Minegem terdiri dari dua level kontrol, yaitu :
Copilot mode, yaitu dengan dibantu oleh operator untuk mengemudikan loader. Yang selanjutnya akan dimasukkan sebagai program untuk tele-remote atau autopilot
Autopilot mode, setelah terprogram dari copilot, loader akan berjalan, loading di drawpoint, damping bucket secara otomatis tanpa perlu dikendalikan oleh operator, seperti robot yang telah terprogram. Di bawah autopilot, beberapa mesin loader dapat dioperasikan oleh satu operator.

Operator dapat menetapkan kecepatan untuk bagian yang berbeda-beda dari siklus pengangkutan untuk mengoptimasikan produktivitas. Minegem juga dapat menyertakan monitoring kondisi jalan yang akan melambat atau bahkan menghentukan loader ketika kondisi jalan yang memburuk.


Minegem terdiri dari 4 hardware group, yaitu :
Onboard components yang terdiri atas sensing, data processing, wireless communications dan output devices.
LARN (Local Area Radio Network) terdiri atas network of radios, radio antennas dan repeaters yang diletakkan di dalam area di mana loader beroperasi. LARN menghubungkan Operator Station ke machine onboard components melalui wireless network.
Operator Station, terdiri atas input devices (joysticks, mouse and keyboard), processing computers and output devices (monitors). Merupakan user interface di mana system dikendalikan, dan data dan gambar video remote ditampilkan di monitor.
ISS (Independent Safety System) adalah di mana system dapat di shutdown secara independen, terdiri atas : Onboard components, Operations Area components dan Operator Station interfacing.
Operator Station Consoles (under windows xp OS)

Dalam beberapa bulan ini PTFI sedang mencoba menggunakan minegem untuk mucking ore di beberapa panel, untuk dilihat performa dari Minegem system ini.

0 comments:

 
;