Aug 31, 2011

Makanan Asia di North Bay

Kalau kamu doyan mencoba makanan dari berbagai negara, tinggal di Canada adalah kesempatan untuk icip makanan dari sana-sini.

Selama 2 bulan tinggal di North Bay, kamus makanan saya bertambah dengan makanan dari berbagai negara yang jarang/belum pernah saya icipi. Gimana kalau saya tinggal di kota besar macam Toronto, pasti lebih seru lagi!

OK, sebagai orang Indonesia yang gak kenyang kalau belum makan nasi, kali ini kita bahas makanan-makanan Asia. Nggak di Jakarta, nggak di Pittsburgh, yang pertama kali saya cari tentu saja Chinese food. Bedanya, Chinese food di Canada memiliki lebih banyak varian daripada Chinese food di Jakarta. Kalau di Jakarta Chinese food biasanya didominasi dengan bakmi goreng, capcay, dan fuyunghai, di sini banyak makanan baru yang belum pernah saya coba sebelumnya. Beberapa yang saya suka antara lain : orange beef (make it extra crispy plissss), dan general tso chicken (benernya ini cuman ayam boneless goreng tepung, dimakan pake saos kayak saos fuyunghai).

Oh ya, seperti saya bilang tadi, Chinese food di sini variannya macem2, gak cuma Javanese-Chinese food :p. Ada ala Taiwan, Hongkong, juga Sechuan, yang katanya terkenal pedes. Sekali dua minggu bolehlah berkunjung ke King's buffe kalau perut benar-benar kosong, selain bebas makan apa saja sepuasnya, sop wongtannya benar-benar menggugah selera.

Ah, udah ah ngebahas Chinese food. Bagaimana dengan masakanan-makanan Asia lainnya? Hmmm, sewaktu pertama kali ke Northgate mall, Tram's Kitchen (makanan Vietnam) adalah tempat makan siang pertama saya ketika sampai di North Bay. Makanannya standar (standar dalam artian cocok dengan lidah Indonesia).

Selain makanan Vietnam, saya dan teman-teman juga cukup sering makan makanan Korea n Jepang. I think Korean Garden is the best, sayangnya kalau pulang dari situ, baju kita selalu bau makananan :| bete deh. Kalau lagi iseng pengen makan bulgogi atau galbi (tapi lagi pelit atau gak punya duit :p), saya bisa ke Korean Store, beli daging bulgogi/galbi yang udah dibumbuin. Sampai rumah tinggal ditumis-tumis. Hehehe, ngirit euyyyy.

Makanan Thai dan Malaysia juga relatif gampang didapat. To bad so sad, makanan Indonesia bisa dibilang tidak ada :( Satu-satunya menu yang sangat Indonesia adalah "Java fried rice" di Spice Island. Well, di situ ada juga gado-gado dan rendang (yang diucapkan oleh bule-bule itu dengan logat yang sangat aneh). Can I have rendang? Excuse me? OOOh, you mean reeendeng. Huehehe. Tapi rasanya gak gitu nendang :)

Naaah, sekarang kita bergeser dikit ke arah barat. India! Gimana dengan makanan Indiaaa ? Waktu awal2 di North Bay, saya diajak makan di Sairam, sebuah restauran India vegetarian. Katanya siih, katanya, orang-orang kaya dari India sering datang ke situ. Sayangnya malam itu jadi nightmare yang tidak bisa saya lupakan :p Perpaduan antara rempah-rempah yang bau dan rasanya menusuk sangat tajam, kuah kental yang penuh susu/keju, dan tidak adanya unsur hewani (baca: vegetarian gitu lho!) sukses membuat saya bolak balik ke kamar mandi sementara orang-orang lain begitu menikmati makanan itu. Saat itu, saya berjanji, that was my first and last time :p


0 comments:

 
;