Aug 22, 2008

GeoEye1


Iseng-iseng pagi ini browsing2 tentang satelit-satelit untuk geodesi, nemu sebuah artikel mengenai satellite resolusi tertinggi abad ini.
Yupz, namanya GeoEye-1 satellite. Dari namanya, GeoEye adalah perusahaan vendor dari IKONOS dan OrbView-2 satellite imagery. Dari official web site-nya GeoEye-1 nantinya akan mampu menghasilkan image dengan resolusi 0,41 meter panchromatic (black & white) dan 1.65 meter multispectral. Satellite image ini dalam sehari bisa melakukan scanning sebesar 700.000 kilometer persegi untuk panchromatic dan hingga 350.000 kilometer persegi untuk pan-sharpened multispectral. Kemampuan ini tentu sangat ideal untuk project pemetaan dengan skala besar. GeoEye-1 mengorbit 12 hingga 13 orbit per hari, terbang dengan ketinggian 684 kilometer dengan kecepatan orbit 7,5 km/detik, amazing bukan. GeoEye-1 akan mengunjungi kembali obyek yang sama di Bumi dalam 3 hari atau lebih cepat dari itu. Selain itu ada offer dari sales GeoEye bahwa customer bisa memesan image termasuk dengan DEM (digital elevation model) dan DSM (digital surface model) (berarti dengan sensornya punya 2 sudut penyiaman yang berbeda yah? Seperti ASTER?? CMIIW).
Satellite image terbaru GeoEye-1 dijadwalkan akan launching pada 4 September 2008.
Berikut gambaran perbedaan antara satellite image resolusi 1 meter dengan resolusi 0,41 meter (simulasi).
Untuk mengetahui lebih jauh tentang GeoEye-1 ini bisa dilihat di
Launch.GeoEye.com sekaligus melihat countdown launching satellite tersebut yang rencananya bisa dilihat langsung dengan streaming video melalui link tersebut. Benar-benar top.

Semoga ketika citra ini sudah release ada anak ITK yang menggunakannya dalam eksplorasi shallow water bathymetry or pemetaan terumbu karang dengan semi analytical model Lee et. Al (1998:1999) instead of hyperspectral data.
Memang ilmu pengetahuan dan teknologi rupanya akan terus berkembang….
 
;