Sep 10, 2008

Research of glatser at Jayawijaya


PT Freeport Indonesia (PTFI) telah bertekad memberi bantuan logistik kepada sebuah ekspedisi penelitian yang ingin melakukan penyelidikan atas daerah gunung gletser dekat Puncak Jaya pada tahun 2009. Di antara anggota-anggota ekspedisi penelitian tersebut yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Badan Meterologi dan Geofisika Nasional Indonesia terdapat tokoh-tokoh ilmu pengetahuan berpengalaman di bidang pengkajian ilmu gletser dan cuaca dari berbagai universitas ternama di Amerika Serikat seperti Ohio State University, Columbia University, Indiana University dan Texas A&M University. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambil sampel es (ice cores) yang akan menunjukkan informasi penting mengenai perubahan cuaca dan pemanasan global sebelum bukti ini hilang, karena gletser di seluruh dunia telah mengalami dampak pemanasan global dan mencair.

Dr. Dwi Susanto selaku direktur dari Indonesian Research Coordination pada Lamont Doherty Earth Observatory yang merupakan bagian dari
Earth Institute, suatu lembaga bergengsi di Columbia University, telah berangkat ke Papua menjelang akhir bulan Agustus dengan tujuan mengumpulkan data untuk melakukan perencanaan dan persiapan ekspedisi pada tahun depan. Di antara acara kunjungan beliau ke Papua termasuk serangkaian pertemuan bersama PT Mineserve International, Divisi Geo & Technical Services PTFI dan PT Airfast Indonesia, perusahaan-perusahaan yang telah berpengalaman luas dalam memindahkan alat-alat besar seperti alat pemboran dan perlengkapan berat, di daerah berbukit yang sulit dilalui serta cuaca yang sangat menantang di Papua. Sementara itu beliau juga sempat bertemu dengan petugas-petugas Departemen Lingkungan PTFI untuk membicarakan sistem pengumpulan data saat ini yang dikelola oleh PTFI sebagai bagian dari program pemantauan lingkungan PTFI yang bisa memberi manfaat tambahan bagi tim penyelidik.
Dukungan PTFI kepada ekpedisi penelitian tersebut merupakan bagian dari komitmen PTFI dalam mendukung penelitian di bidang lingkungan di Papua, komitmen yang mana telah berjalan sejak lama dan telah membuat kontribusi signifikan kepada ilmu pengetahuan alam di Papua melalui hasil-hasil berarti seperti penemuan jenis mahluk hidup yang baru, koleksi-koleksi rujukan serta terbitan-terbitan tulisan, buku-buku dan poster-poster. Salah satu ekspedisi yang pernah diberi dukungan PTFI di masa lampau dan patut diberi perhatian khusus adalah ekspedisi Conservation International yang diselenggarakan pada tahun 2005 yaitu ke daerah pegunungan Foja di Papua dimana telah berhasil ditemukan beragam jenis baru tumbuh-tumbuhan, burung, katak, serangga dan binatang mamalia. Apakah Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang hal-hal tersebut di atas? Silahkan Anda klik di sini untuk membaca kebijakan-kebijakan berkaitan dengan bidang Energi dan Perubahan Cuaca dari perusahaan Freeport-McMoRan Copper & Gold.
 
;